KOL INF JOKO HADI SUSILO SIP
KOL INF JOKO HADI SUSILO SIP
DANREM
MAYOR INF TUWADI S.E
MAYOR INF TUWADI S.E
DANYONIF 301 / PKS
You are here
Home > Berita > Jembatan Babuy Terancam Terendam

Jembatan Babuy Terancam Terendam

WADO – Permukaan air waduk Jatigede saat ini berada pada elevasi 241.34 meter diatas permukaan laut. Itu berati beberapa titik ruas jalan provinsi akan kembali terendam, salahsatunya, di jembatan di Blok Babuy, perbatasan antara Desa Cisurat dan Kecamatan Wado.
“Jika jembatan Babuy terendam maka akses ke Sumedang tambah sulit, karena dari Wado tidak bisa lagi menggunakan Jalur Alternatif via Desa Sukamenak. Ya, satu-satunya jalan yang bisa diakses via jalan lingkar Jatigede,” kata warga Wado, Kosam Erawan pada Sumeks.
Sejumlah jalan alternative, sebut dia, memang tidak layak digunakan. Selain sempit, juga dibeberapa titik memang dalam keadaan rusak. Jika terus dipaksakan menggunakan jalur alternative, justru akan membahayakan pada sejumlah pengguna jalan.
“Hebat saja, jalan desa dijadikan jalan provinsi. Kalau nanti sudah rusak jalannya, siapa yang bertanggung jawab,” ungkapnya.
Senada dikatakan, Komarudin, pengguna jalan itu mengaku kebingungan dan malas berpergian karena jarak tempuh jadi jauh. “Kalau jalan ini putus juga, maka lalu lintas akan semakin lumpuh, jalan satu-satunya hanya lewat jalan Desa Cisurat yang meliputi beberapa dusun dan desa di Kecamatan Darmaraja, tentu jaraknya semakin jauh dengan kondisi jalannya juga tidak memungkinkan,” kata Komarudin.
Masyarakat menilai, akses jalan Cisurat sangat tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan dalam jumlah banyak. Sebab kondisi yang licin kerap kali membuat pengemudi mengalami kecelakaan.
“Selain aksesnya semakin jauh, kondisi jalannya itu sangat tidak memungkinkan,” kata dia.
Masyarakat berharap, jalan lingkar bisa secepatnya dipakai, karena dengan kondisi seperti ini masyarakat sangat terganggu dan melemahkan semangat kerja. “Jalan itu sangat besar pengaruhnya bagi kita, kita tidak bisa nyaman dalam beraktivitas kalau kondisi jalannya seperti ini,” kata dia.
Pemerintah Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, mereka saat ini tengah mengajukan proposal perbaikan jalan pada para pihak terkait untuk perbaikan jalan desanya. Sekretaris Desa Sukamenak, Gustaman menyebutkan, jalan desa tersebut kian hari malah akan semakin rusak. Apalagi jika terus-terusan dilalui kendaraan, sebab itu, pemdes mengajukan proposal kepada pihak terkait untuk perbaikan jalan tersebut, seban akses jalan saat ini kurang nyaman untuk dilalui kendaraan.
“Kita dari pihak desa akan mencoba mengajukan kepada pihak terkait atas rusaknya jalan desa ini, sebab hal ini bisa mempengaruhi terhadap ekonomi masyarakat,” kata dia.
Selain itu, Desa Sukamenak saat ini sudah menjadi desa yang padat penduduk, dengan adanya warga dari beberapa desa yang berpindah tempat ke desa tersebut. “Kita sangat perlu infrasruktur yang bagus, dan bisa nyaman dipakainya, sebab desa ini jadi desa padat penduduk,” paparnya.
Pemerintah desa meminta pada pemerintah daerah maupun pusat, agar bisa mengeluarkan kebijakan untuk perbaikan jalan desa tersebut untuk pendukung kesejahtraan masyarakat. Selain itu, pemdes juga meminta agar pengerjaan jalan lingkar bisa diselesaikan secepatnya, agar tidak mengganggu kenyamanan warganya.
“Banyaknya kendaraan yang melintas kesini, jelas mengurangi kenyamanan warga sekitar,” ucapnya. (eri)

Leave a Reply

Top